Hati-Hati Sering Kesemutan Bisa Jadi Anda Punya Penyakit Ini


Kaki kesemutan sering terjadi karena terlalu lama duduk bersila, berlutut, ataupun menekan kaki pada satu posisi dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, kesemutan ternyata juga bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres pada tubuh.

Kesemutan  umumnya terjadi apabila satu bagian tubuh terbebani, sehingga mengalami hambatan suplai darah ke saraf yang mengarah pada bagian tubuh tersebut. Kesemutan ditandai dengan rasa, seperti ditusuk-tusuk, terbakar, gali, bahkan mati rasa di salah satu atau kedua kaki. Namun biasanya, kondisi tersebut akan berlangsung sementara saja dan menghilang secara perlahan.


Namun terkadang, kesemutan bisa terjadi dalam jangka waktu yang lebih panjang yang merupakan tanda penyakit tertentu. Lantas, apa saja penyakit yang sering ditandai dengan gejala kesemutan di kaki?

1. Penyakit Sistemik
Kesemutan di kaki bisa menjadi tanda penyakit sistemik, yaitu sebuah penyakit yang memengaruhi kondisi tubuh secara umum. Biasanya, kesemutan yang terjadi karena penyakit ini berlangsung dalam waktu yang panjang dan bersifat kronis.

Penyakit sistemik yang memiliki gejala kaki kesemutan, di antaranya gangguan hormon, seperti hipotiroid atau tumor di saraf bisa menjadi faktor-faktor penyebab. Selain itu, gangguan ginjal, penyakit hati, dan berbagai penyakit darah juga bisa menjadi penyebab kesemutan di kaki.

2. Saraf Kejepit
Sindrom saraf kejepit juga masuk dalam daftar penyakit yang sering menyebabkan kaki kesemutan. Salah satu saraf kejepit yang memicu rasa kebas dan kesemutan di kaki adalah herniasi nukleus pulposus.


3. Kekurangan atau Kelebihan Vitamin
vitamin sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghindari virus penyebab penyakit menyerang. Nah, saat seseorang kurang mengonsumsi vitamin, maka kaki kesemutan sering muncul sebagai salah satu gejala.

4. Keracunan
Kesemutan di kaki juga bisa menjadi tanda bahwa ada tumpukan racun di dalam tubuh. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab keracunan dalam tubuh. Mulai dari keracunan yang disebabkan oleh berbagai bahan kimia atau paparan zat tertentu. Kesemutan di kaki juga bisa terjadi karena konsumsi jenis obat-obatan tertentu.

5. Diabetes
Diabetes menjadi salah satu penyakit penyebab kesemutan yang paling dikenal. Pasalnya, kaki kesemutan memang kerap kali diidentikkan sebagai gejala awal dari penyakit ini. Biasanya, pengidap diabetes akan mengalami mati rasa diikuti kesemutan yang seringkali terjadi di kedua kaki dan naik ke lengan.

3 Komentar

  1. Good article and very informative thank you so much. We are here to provide a Full Body Massage Deira Dubai. We are best spa services in all over Dubai.
    Best Indian Massage in Deira Dubai

    BalasHapus
  2. Thank you for the article. Al Reem spa massage center Deira Dubai is one of the best massage centers. We provide luxurious service to our clients we are the best in Full body massage, Oil Massage, Hot Stone Massage, Moroccan Bath, Sports Massage, Couple Massage, Swedish massage, and all types of massage. Massage enter

    BalasHapus
  3. Good information thank you for the post. We Provide a massage services in Dubai. We are best in Thai Massage service. Our spa center is very clean and staff is very professional. Massage Spa near me

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama