Penyebab Payudara Bisa Lebih Besar Sebelah



Pernahkah kamu berpikir mengapa ukuran payudara wanita bisa besar sebelah? Tak jarang hal ini membuat sebagian wanita merasa khawatir, lantaran ukuran payudara yang berbeda kerap diartikan sebagai penanda adanya penyakit.

Menurut konsultan senior obstetri dan ginekologi dari India, Dr Jayashree Sundar, ukuran payudara berbeda adalah hal yang normal. Bahkan, beberapa bagian tubuh kita juga tidak memiliki ukuran yang simetris.

ituDomino - Agen Sakong Online | Bandar66 | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 | BandarQ | AduQ | Poker Texas Indonesia

"Sangat umum jika payudara memiliki ukuran yang sedikit berbeda satu sama lain," kata Sundar, dikutip dari Times of India. Meski begitu, ukuran payudara yang berbeda pun bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sebagai berikut :

1. Perubahan hormon
Payudara asimetris umumnya mulai terjadi pada masa pubertas. Kondisi ini diawali dengan pertumbuhan payudara yang tidak seimbang satu sama lain.

Meski begitu, terkadang perbedaan pertumbuhan pada payudara tidak dirasakan oleh sebagian wanita. Namun, dalam kondisi tertentu perbedaan ukuran ini bisa terasa janggal.

2. Menyusui
Sundar menjelaskan, ibu menyusui cenderung memiliki ukuran payudara yang berbeda. Hal ini disebabkan karena kebiasaan memberikan ASI hanya dari satu payudara.

"Ibu-ibu dianjurkan untuk menyusui bayi dari kedua payudara untuk menjaga simetri," ucapnya.

3. Benjolan di payudara
Benjolan payudara merupakan tanda adanya jaringan yang tumbuh dan berkembang di payudara. Salah satu penyebab munculnya benjolan adalah karena adanya cedera traumatis pada payudara.

Selain itu, benjolan juga bisa terjadi karena fibrokistik, yaitu kondisi yang menyebabkan jaringan payudara terasa lebih kenyal. Hal ini pun umum terjadi dan tidak berbahaya. Namun, jika payudara terasa nyeri, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

4. Kanker payudara
Jika secara tiba-tiba payudara tumbuh dengan ukuran yang tidak sama, bisa jadi telah terjadi masalah yang cukup serius seperti kanker payudara. Karena itu, sebaiknya rutinlah periksakan payudara ke dokter untuk deteksi kanker sedini mungkin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama